Minggu, 04 September 2011

sharing internet via wifi laptop dengan LAN kabel

Perlengkapan
1. Laptop A
2. Laptop B
3. Hub/Switch yg terhubung dgn Internet LAN

>Pertama tama pastikan Laptop A terkoneksikan dengan jaringan LAN. lakukan cek ip address dengan menggunakan "cmd" di menu "run" kemudian ketikan "ipconfig /all" ini hanya untuk memastikan bahwa ip address beserta DNS aktif.
Kedua Klik icon "Network and sharing"  melalui control panel.. klik kanan pilih LAC (Local Area Connection) kemudian pilih "Advanced" klik "Network Setup Wizard" yang bergaris bawah biru. lalu klik aja Next, Next sampai ketemu tulisan "this computer connect directly to the internet (pilih lah ), lalu pilih Local Area Connection, isikan computer description (bebas), Workgroup (sekarepe sampean), turn on file (pilih), Next, Just Finish (pilihlah), Next, Finish.
>Untuk Laptop B, cek ip address nya tuk terlebih dahulu, pastikan Ip address di icon Wirellessnya (192.168.0.2---itu jika dari Laptop A nya 192.168.0.1) kemudian jadikan default gatewaynya (192.168.0.1) dns dilihat dengan menggunakan Ipconfig /all pada Laptop A atau dapat menggunakan DNS goggle 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 ditempatkan di prefered DNS dan Alternative DNS nya
--- uji coba-----
Lakukan test ping dari Laptop B dengan manggunakan "cmd ..ketik ping 192.168.0.2, kemudian ping 192.168.0.1 (ip address Laptop A), kemudian ping ke server atau ke DNS nya.
*jika tidak bisa terkoneksikan -1. Cek Firewall nya harus "off" 2. Cek untuk Icon di Local Area Connection di Laptop A harusnya 'sharing internet dengan tanda adanya tangan. klik kanan kemudian advance apakah sudah tercentang "internet sharingnya"!. Untuk di Laptop B cek hal yang serupa icon wirellesnya  tapi (sharing datanya untuk internet haruslah offline)


*Untuk Windows XP aja ya*











Tidak ada komentar:

Posting Komentar